PPID Utama

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Utama

Tindaklanjut pertemuan mengenai percepatan eksport krisan, Tim Satgas BPTP Sulut segera melakukan koordinasi dengan Dinas Pertanian Kota Tomohon




 Tindaklanjut pertemuan mengenai percepatan eksport krisan, Tim Satgas BPTP Sulut segera melakukan koordinasi dengan Dinas Pertanian Kota Tomohon

 
Senin, 5 September tim Satgas BPTP yang dikoordinir oleh Ir. Louise Matindas, MP diterima oleh Sekretaris Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Tomohon Dr. Karel F. Lala, SP. MSi dan Seksi Tanaman Hortikultura. Dalam pertemuan ini disampaikan maksud dan tujuan yaitu akan dilaksanakannya kegiatan bimtek pengembangan agribisnis krisan sekaligus upaya percepatan eksport krisan. Rencananya Bimtek akan diikuti oleh petani / kelompok tani yang siap untuk eksport krisan ke luar negeri.
 
Kunjungan tim Satgas BPTP dilanjutkan ke beberapa kelompok tani yang dinilai siap untuk eksportir, antara lain:
1. Klotan Rossa SP, yang diketuai oleh Bapak Melkisedek Tangkawarouw, berlokasi di Kelurahan Kaskasen 1. Varietas krisan yang sedang ditanam adalah Varietas Kulo sekarang umur 2 bulan dan siap dipanen pada bulan November 2022.
2. Klotan Krekeli, ketua LT James Mogi berlokasi di Kelurahan Kakaskasen  2 dengan luas lahan 20m x 10m. Varietas krisan yang dibudidayakan varietas fiji dari Surabaya. James menambahkan saat ini sementara pemesanan 5 varietas krisan yang rencana tanam 10 September 2022.
3. Klotan Krisan Indah yang diketuai Ibu Yeni Mogi, termonitor kondisi lahan, siap tanam pada 12 september, dan perhitungan panen akhir desember 2022. Varietas yang ditanam Jayanti, pinka pinki, kenop, suciyono.