PPID Utama

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Utama

Ketua KIP Sambangi Kanpus Kementerian Pertanian




Jakarta (1/7), Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian mengadakan Rapat Koordinasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) lingkup Badan Karantina Pertanian secara hybrid dengan tema “Penguatan Layanan Informasi Publik dan sekaligus Peluncuran Aplikasi Layanan Informasi Publik bagi Penyandang Disabilitas” di Ruang Agriculture War Room (AWR) Gedung E lantai 1 Kantor Pusat Kementerian Pertanian tanggal 1 Juli 2022. Acara ini dibuka oleh Sekretaris Badan Karantina Pertanian, Wisnu Haryana, yang dihadiri Ketua Komisi Informasi Pusat, Donny Yoesgiantoro, PPID Utama serta PPID Pelaksana lingkup Badan Karantina Pertanian.

Kehadiran Ketua Komisi Informasi Pusat, Donny Yoesgiantoro dalam acara Rakor PPID ini ingin membuktikan pencapaian Kementerian Pertanian sebagai Badan Publik Informatif betul-betul suatu pencapaian yang dapat dipertanggung jawabkan ke publik. Donny berharap pencapaian Kementerian Pertanian sebagai Badan Publik Informatif pada periode 2017-2021 akan sama baiknya atau lebih baik lagi di periode 2022-2026.

Donny juga mengapresiasi atas komitmen dan langkah Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kementerian Pertanian (Kementan) dalam memberikan layanan yang maksimal kepada masyarakat tanpa terkecuali bagi penyandang disabilitas.

Dengan peluncuran aplikasi Si LAURA Kementerian Pertanian (Sistem Layanan Informasi Bersuara Karantina Pertanian) yang didedikasikan untuk penyandang disabilitas. Ini menandakan bahwa PPID Kementerian Pertanian memperlakukan informasi publik sebagai barang publik. Sifat barang publik, tidak boleh ada satupun pihak yang terhalang untuk mendapatkan informasi, kecuali Informasi yang dikecualikan. Dan pihak  yang mendapatkan Informasi harus nyaman tidak harus bersaing dengan pihak lain untuk mendapatkannya.

Adanya Aplikasi semacam ini menurut Donny harus menjadi contoh bagi Badan Publik lainnya. “Kementerian Pertanian  harus dapat menjadi percontohan bagi Badan Publik dalam memberikan pelayanan informasi publik yang memperhatikan masyarakat kebutuhan khusus."

Sementara itu, Sekretaris Badan Karantina, Wisnu Haryana pada saat memberikan sambutan acara peluncuran Aplikasi Si LAURA mengatakan Aplikasi ini merupakan bentuk nyata dari Kementerian Pertanian untuk memberikan layanan informasi publik kepada penyandang disabilitas. "Badan Karantina ini sangat luas dan berada di seluruh Indonesia yang secara langsung memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat, sehingga Aplikasi Si LAURA ini diperuntukkan bagi penyandang disabilitas khusus suara."

Sistem layanan informasi berbasis Aplikasi ini memang menjadi salah satu kewajiban yang diamanatkan dalam Perki SLIP, sehingga masyarkat yang memiliki kebutuhan khusus tetap dapat mendapat informasi. "Badan Karantina Pertanian menyiapkan Aplikasi Si LAURA yang didedikasikan kepada para penyandang disabilitas agar tetap memperoleh informasi dengan mudah dan cepat," ungkap Wisnu.

Selanjutnya PPID Utama, Erwin Zulkarnaen menyampaikan bahwa struktur manajemen PPID Kementerian Pertanian sudah terstruktur dengan baik “PPID Utama didukung oleh PPID Pelaksana Eselon I, PPID Pembantu Pelaksana Eselon II dan Eselon III. Dengan jumlah 234 Unit Kerja/UPT di seluruh Indonesia. PPID menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik”.