PPID

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID

Kunjungan Tim Penilai Pemeringkatan KIP ke BBPOPT Jatisari Karawang




Karawang, 26/8 – Kunjungan Visitasi Tim Penilai pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik Kementerian Pertanian ke Balai Besar Peramalan Organisme Penggagu Tumbuhan (BBPOPT) yang berlokasi di Jatisari Karawang Jawa Barat dalam rangka Visitasi dan Verifikasi dari formulir Self Assessment Questionaire (SAQ) dalam upaya Pemeringkatan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) sebagai bentuk implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008. Seperti telah diketahui, bahwa BBPOPT masuk dalam kategori 5 (lima) besar kategori Eselon II lingkup Kementan. 
 
Dalam kunjungan tersebut, Tim Penilai Visitasi diterima langsung oleh Kepala BBPOPT Ibu Enie Tauruslina Amarullah yang baru saja dilantik 2 bulan yang lalu. Beliau sangat memahami dan peduli dalam menjalankan pengelolaan dan pelayanan informasi publik serta komitmen dalam meningkatkan apek-aspek yang berkaitan dengan Keterbukaan Informasi Publik. Hal ini dapat dilihat pada saat memaparkan terkait peramalan serta hama penyakit tanaman yang sedang mewabah, beliau juga menyampaikan cara penanganan dan penyebaran informasi kepada petani bagaimana cara penanganannya.  
 

Tim Penilai yang terdiri dari Zaim Uchrowi, Astrid Debora dan Kepala Bagian Pengelolaan Informasi Publik, melakukan pengecekan dokumen informasi publik yang dikuasai BBPOPT dan kelengkapan counter layanan serta sarana dan prasarananya dimana masih ada beberapa hal yang harus diperbaiki.